CONTOH RPP AL-QURAN HADIST KLS VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 4.2)

Satuan Pendidikan   : MTs Darul Kamal
Kelas/Semester         : VII/2
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadis
Topik                          : SIKAP TOLERANKU MEWUJUDKAN KEDAMAIAN
Pertemuan ke -         : 3 - 4
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit (2 X Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.4 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
2.4 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), S.al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Memahami isi kandungan Q.S. al-Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
          dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
4.4 Menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA
 (خَيْرُ الأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ)
       dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
(وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ)
      tentang toleransi

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.4.1  Meyakini pentingnya sikap tasamuh
2.4.1  Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.4.2  Menerjemahkan Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
3.4.3  Menjelaskan isi kandungan Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi
4.4.1 Menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA
 (خَيْرُ الأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ)
          dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
(وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ)
        tentang toleransi

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu :
1.    Membaca QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
2.    Menerjemahkan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)
3.    Menjelaskan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi
4.    Mengaitkan isi kandungan QS. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dengan fenomena kehidupan

E.       Materi Ajar
1)      Fakta
§  Pengertian toleransi dan fanatime
2)      Konsep
§  Isi kandungan QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
§  Isi kandungan hadis tentang toleransi riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
3)      Prosedur
§  Membaca, menulis, menerjemah, menghafal dan menjelaskan isi kandungan QS.al-Kafirun dan QS.al-Bayyinah
§  Membaca, menulis, menerjemah, menghafal dan menjelaskan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA :
 (خَيْرُ الأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ)
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik :
 (وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ)

F.       Metode Pembelajaran
1)      Pendekatan   : Scientific
2)      Model           : PBL dan direct instruction

G.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
A. Orientasi
    Siswa memperhatikan bacaan Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) yang fasih dan benar.
B. Apersepsi
    Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara Membaca dan menerjemahkan Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  dengan baik dan benar yang akan dipelajari
C. Motivasi
Siswa diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari cara Membaca, menerjemah dan menghafal Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  dengan fasih dan benar yang akan dipelajari
D. Pemberian Acuan
1)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2)      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
3)      Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
10 menit
Inti
Mengamati
1)      Peserta didik mengamati dan membaca Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  dengan fasih dan benar
Mempertanyakan
2)      Peserta didik berdiskusi tentang cara membaca, menerjemah dan menghafal Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  dengan fasih dan benar
Mengeksplorasi
3)    Peserta didik berlatih membaca dan menulis Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dengan fasih dan benar.
4)    Peserta didik berlatih menerjemahkan Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dengan fasih dan benar.
5)    Peserta didik berlatih menghafal Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dengan fasih dan benar.
Mengasosiasikan
6)      Peserta didik menuliskan Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dan terjemahannya.
Mengkomunikasikan
7)      Peserta didik membacakan hafalan Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  dengan fasih dan benar
8)    Peserta didik menyerahkan hasil terjemahan Q.S. al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) kepada guru.
60  menit
Penutup
1)      Guru membuat simpulan tentang materi ajar.
2)      Guru mengadakan evaluasi.
3)      Guru memberikan refleksi
4)      Guru menugaskan peserta didik mencari materi tentang Q.S. al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dalam kehidupan dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi.
5)      Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit

Pertemuan ke-2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
A. Orientasi
    Siswa memperhatikan bacaan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik yang fasih.
B. Apersepsi
    Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara Membaca dan menerjemahkan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik  dengan baik dan benar yang akan dipelajari
C. Motivasi
Siswa diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari cara Membaca, menulis, menerjemah dan menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik  dengan fasih dan benar yang akan dipelajari
D. Pemberian Acuan
1)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2)     Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
3)     Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
10 menit
Inti
Mengamati
1)      Peserta didik mengamati dan membaca hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik  dengan fasih dan benar
Mempertanyakan
2)      Peserta didik berdiskusi tentang cara membaca, menerjemah dan menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik  dengan fasih dan benar
Mengeksplorasi
3)    Peserta didik berlatih membaca dan menulis hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dengan fasih dan benar.
4)    Peserta didik berlatih menerjemahkan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dengan fasih dan benar.
5)    Peserta didik berlatih menghafal hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dengan fasih dan benar.
Mengasosiasikan
6)      Peserta didik menuliskan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dan terjemahannya.
Mengkomunikasikan
7)      Peserta didik membacakan hafalan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik  dengan fasih dan benar
8)    Peserta didik menyerahkan tulisan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dan hasil terjemahannya kepada guru.
60  menit
Penutup
1)      Guru membuat simpulan tentang materi ajar.
2)      Guru mengadakan evaluasi.
3)      Guru memberikan refleksi
4)      Guru menugaskan peserta didik mencari materi tentang hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik dalam kehidupan dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi.
5)      Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit


H.      Alat dan Sumber Belajar
Media:
§  Teks Al-Qur’an dan Hadits
§  Audio/visual
Sumber:
§  Kitab hadts Jami’ as-Shogir dan terjemahanya
§  Buku paket siswa dan guru Al-Qur’an Hadis kls VII

I.         Penilaian
1)   Jenis/teknik penilaian
§  Kompetensi Sikap: Observasi
§  Kompetensi Pengetahuan: Tes Tulis dan Lisan
§  Kompetensi Keterampilan: Unjuk Kerja

2)   Bentuk Instrumen :
  1. Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1

















2

















3

















Dst

















Keterangan:
·         BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, skor 1.
·         MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten, skor 2.
·         MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguhsungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten, skor 3.
·         MK( membudaya) jika menunjukkkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten, skor 4.
b.      Kompetensi Pengetahuan:
Soal Tes Tulis :
Tulis dan terjemahkanlah potongan ayat surat Al-Kaafiruun dan Al-bayyinah berikut ini!Rounded Rectangle: صحفا مطهرة
Lembaran-lembaran yang disucikan
 



















c.       Kompetensi Keterampilan:
   Format Penilaian “membaca hafalan surat Qur’an dan hadtis
a.    Format Penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P

























b. Aspek dan rubrik  penilaian tilawah:
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Hafalan
Melafalkan hafalan dengan sempurna dan lancer
30
Melafalkan hafalan dengan sempurna dan tidak lancer
20
Melafalkan hafalan tidak sempurna
10
2
Makharijul Huruf
Melafalkan setiap huruf hijaiyyah dengan benar sesuai dengan hak-hak hurufnya
30
Beberapa huruf hijaiyyah tidak dibaca sesuai dengan hak-hak hurufnya
20
Banyak dari huruf-huruf hijaiyyah yang tidak dibaca sesuai hak-hak hurufnya
10
3
Tajwid
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an sesuai tajwid yang benar
30
Beberapa potongan ayat dibaca dengan tidak menggunakan tajwid yang benar
20
Banyak hukum-hukum bacaan tajwid yang tidak digunakan
10

4
Tartil
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan jelas dan tartil
30
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan cukup jelas dan tartil
20
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an kurang jelas dan tidak tartil
10


Skor maksimal
120

Pedoman Pen-Skoran

Nilai = Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x100
                             Jumlah Skor maksimal (120)


Mengetahui,                                                                                          Ruguk,   Juli 2018
Kepala Madrasah                                                                                   Guru Mata Pelajaran



M.Ali Bahrudin,S.E                                                                                                            Nilawati,S.Pd.I  i
NIP :                                                                                                                                       NIP :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJIAN TENGAH SEMESTER KLS VII